Ahad, 31 Januari 2016

Menjadi Mahasiswa Aktif dan Berprestasi

Menjadi Mahasiswa Aktif - Menjadi mahasiswa yang aktif dan berprestasi tidaklah gampang tetapi tidak sulit. Sebagai mahasiswa anda di wajibkan untuk pandai dalam mengatur waktu. Mengatur waktu yang tepat dalam prestasi akademik dan juga aktif berorganisasi. Bagi seorang mahasiswa masa kuliah adalah masa yang sangat penting dalam penemuan jati diri dan pembentukan karakter. Karena itu lakukanlah banyak hal sebaik mungkin
Dalam kasus aktif berorganisasi, tidak sedikit mahasiswa yang aktif berorganisasi kemudian prestasi kuliahnya menurun.Untuk itu kami akan memberikan beberapa tips menjadi mahasiswa aktif dan berprestasi.

Menjadi Mahasiswa Aktif dan Berprestasi

1.       Punya Target

Buatlah target pencapaian nilai untuk setiap semesternya. Buktikan kalau ikut organisasi tidak membuat malas belajar dan jadinya dapet nilai jelek. Tetapi aktif organisasi membuat anda semangat dalam belajar.

2.       Mengatur waktu

Anda harus pandai-pandai dalam mengatur waktu. Konsisten kan kapan waktu belajar dan kapan waktu untuk berorganisasi. Manfaatkan waktu luang sebaik mungkin untuk belajar, jadi jika ada rapat organisasi mendadak sedangkan anda memiliki tugas kuliah, anda sudah mengerjakan tugas itu ketika anda memiliki waktu luang.

3.       Fokus pada tujuan

Apapun yang terjadi pada kondisi kampus anda harus tetap fokus dengan tujuan awal karena begitu banyak godaan di dalam kampus mulai dari aktivitas organisasi, pacar, bermain dan sebagainya. Bila kamu fokus maka kamu akan menjadi mahasiswa yang aktif dan berprestasi.

4.       Menyimak saat dosen menjelaskan

Ketika dosen memberikan penjelasan tentang materi kuliah sebaiknya anda mendengarkan dengan baik point-point yang penting. Biasanya para dosen bakalan memberikan soal ujian tak jauh dari yang di jelaskan saat kuliah. Untuk itu mulailah mencatat setiap point yang menurut anda penting yang dikatakan nya. Karena dengan mencatat kita akan mudah mengingatkan.

5.       Berani

Kesuksesan hanya milik orang orang yang berani, Berani menghadapi tantangan demi cita cita besar yang ingin dicapai. Berani bukan tanpa ilmu dan pemahaman. Justru berani disini adalah kita mulai dengan mengenal siapa diri kita, kemampuan dan kapasitas kita dihadapkan dengan tantangan yang ada di depan kita. 

6.       Bergaul dengan banyak orang termasuk senior

Senior adalah kakak kelas yang lebih berpengalaman dengan dunia kampus. Sebaiknya kamu memperbanyak kenalan dengan kakak senior agar lebih banyak tahu dan dapat lebih cepat memiliki arah dan tujuan selama di dalam kampus.

Itulah beberapa tips menjadi mahasiswa aktif dan berprestasi. Semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tiada ulasan