Jumaat, 26 Februari 2016

9 Tips Membeli Rumah Secara Aman

Tips membeli rumah – Membeli rumah memang susah-susah gampang khususnya bagi Anda yang baru pertama kali membeli rumah. Dalam membeli rumah Anda perlu berhati-hati, sebaiknya jangan dilakukan dengan terburu-buru. Jangan remehkan tips membeli rumah di bawah agar tidak menyesal di kemudian hari. Anda juga harus memperhatikan proses transaksi pembelian rumah. Berikut tips membelirumah bagi Anda yang ingin membeli rumah, khususnya untuk Anda yang baru pertama kali membeli rumah :
9 Tips Membeli Rumah Secara Aman

1.       Memilih Lokasi
Memilih lokasi rumah merupakan faktor paling penting ketika akan membeli rumah. Mempertimbangkan lokasi, berarti berkaitan dengan ketersediaan fasilitas umum, akses transportasi, aman tidaknya lokasi dari bahaya banjir dan sebagainya, akses mencapai rumah dari jalan raya menggunakan kendaraan. Kebanyakan rumah yang letaknya dekat dengan jalan raya atau pun stasiun, umumnya memiliki harga yang lebih mahal atau tinggi dibandingkan dengan rumah yang letaknya jauh dari jalan raya. Sehingga memilih lokasi merupakan hal terpenting dalam tips membeli rumah, hal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

2.       Utilitas
Kelancaran sistem utilitas merupakan hal yang mutlak dalam aktivitas di rumah dan merupakan salah satu tips membeli rumah. Memastikan utilitas diantaranya aliran listrik lancar dan mudah memperbaiki jika ada kerusakan, pastikan colokan listrik sudah memadai atau belum, kondisi serta ketersediaan air bersih dan kelengkapan keran air, periksa juga sistem sanitasinya jangan ada kebocoran pada wastafel, tembok maupun lantai kamar mandi.

3.       Harga Rumah dan Perbandingan Harga
Rencanakan terlebih dahulu budget untuk membeli rumah, sehingga lebih efektif bagi Anda dalam mencari rumah yang sesuai dengan harga yang diinginkan. Perbandingan harga, perhatikan apa harga rumah sudah termasuk IMB, pajak, HGB atau biaya lainnya. Tentukan apakah anda akan membeli rumah yang siap huni (ready stock) atau inden (memesan terlebih dahulu).

4.       Track Record Developer
Sebelum membeli rumah lihat dulu developer (pengembangnya). Mencari tahu track recordnya, apakah sering terlambat untuk serah terimanya? Bagaimana kualitas bangunan dalam project perumahan sebelumnya? Anda dapat mencari tahunya dari internet mengenasi testimoni pembeli sebelumnya.

5.       Tips Membeli Rumah - Pengembang dan Spesifikasi Rumah
Teliti spesifikasi rumah seperti dinding pembatas dengan tetangga, dinding menggunakan batako atau batu merah, diplester atau tidak, di cat atau tidak, hingga bahan kayu yang digunakan pada pintu dan jendela (menggunakan tripleks atau panel), dan sebagainya.
Perhatikan pembagian ruangan, ketahui daya listrik, sumber air dari sumur atau PAM, kloset yang digunakan (duduk atau jongkok), apakah ada garasi/bagasi mobil atau motor dan sebagainya.
Spesifikasi tersebut sangat tergantung dari developer atau pengembangnya, sehingga kenali reputasinya terlebih dahulu. Perhatikan pula mengenai kelengkapan surat akta  perjanjian jual-beli.

6.       Kelengkapan Fasilitas Sosial dan Hiburan
Perumahan umumnya dilengkapi dengan fasilitas soosial dan hiburan seperti masjid, rumah sakit, sekolah, taman bermain, kolam renang, pertokoan, dan lain-lain.

7.       Tips Membeli Rumah - Sistem Pembayaran
·         Tunai, sesuaikan tipe yang dibeli dengan kemampuan. Mulai rencanakan secara jangkla panjang mengenai perawatan dan pemeliharaan rumah.
·         Kredit, dengan menggunakan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah).

8.       Pastikan Kapan Serah Termia Unit
Pastikan kapan Anda dapat menempati rumah, tanyakan hal tersebut kepada developer dan apakah konsekuensi untuk developer jika nantinya mengalami keterlambatan.

9.       Biaya Tambahan
Alokasikan biaya tambahan diluar harga beli rumah, seperti biaya tambahan untuk biaya KPR, PPN, biaya peningkatan BPHTB dan sebagainya. Kisaran biaya tersebut beragam, namun biasanya berkisar antara 15% - 20%.

Nah, demikian beberapa hal penting mengenai tips membeli rumah, semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tiada ulasan