Rabu, 17 Februari 2016

Diet Cepat Itu Perlu, Diet Sehat Juga Perlu!

Cara diet sehat dan cepat perlu diketahui. Hal ini dikarenakan, apapun jenis diet yang dilakukan akan mempengaruhi metabolisme dan daya kerja organ-organ tubuh. Bila diet tidak dilakukan dengan baik dan hanya berpatokan pada aspek ‘cepat’ saja, maka tubuh akan rentan terserang penyakit. Misalnya, bila ada yang diet tidak makan nasi selama 2 minggu berturut-turut, mungkin berat badannya akan turun hingga 7 kilo, namun setelahnya, ia juga berpeluang diserang penyakit Typus. Jelas hal ini tidak baik dilakukan.


Diet Cepat Itu Perlu, Diet Sehat Juga Perlu!

Diet Sehat
Diet adalah satu kata yang paling akrab di telinga pemilik tubuh tambun. Entah laki-laki atau pun perempuan, tubuh yang terlalu besar seringkali dirasa tidak nyaman dan kadangkala menurunkan rasa percaya diri. Untuk mendapatkan tubuh tetap sehat selama melakukan diet, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni sebagai berikut.

1.       Sudut pandang yang tepat
Diet secara harfiah berarti "cara hidup". Jadi, memiliki sudut pandang yang tepat tentang pola hidup akan membantu proses diet berlangsung lebih cepat dan sehat. Bila Anda sedang melakukan program diet, maka anda harus menjaga konsistensi dan motivasi untuk menyelesaikannya. Jangan sampai, baru 4 hari melakukan program diet, lalu setelahnya berhenti selama 3 hari, lalu disambung lagi. Cara seperti ini justru akan merusak pola hidup anda sendiri.

2.       Hindari penggunaan obat-obatan kimia
Banyak orang melakukan sedot lemak, suntik ini dan itu, menelan pil apa saja demi mendapatkan tubuh langsing lebih cepat. Hal ini sebetulnya harus dihindari, sebab, tidak semua tubuh sama. Tidak semua orang punya kemampuan yang sama dalam menerima beragak jenis obat. Lebih dari itu, cara melakukan diet seperti ini akan merusak beberapa organ tubuh karena terkesan dipaksakan.

3.       Kesimbangan air putih, olahraga dan istirahat
Jangan harap tubuh akan tetap sehat selama menjalankan program diet bila ketiga unsur di atas tidak diperhatikan. Air putih berguna untuk memperlancar metabolisme. Olahraga bermanfaat untuk mengalirkan darah, nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Istirahat berguna untuk memperbarui dan regenerasi sel-sel yang telah rusak dan membersihkan darah yang menumpuk bersama kolesterol jahat.

Diet Cepat dan Sehat
Pastinya anda akan bertanya-tanya, bagaimana caranya melakukan diet yang cepat tapi tetap sehat, bukan? Ya, untuk kemungkinan pertanyaan tersebut, berikut akan kami uraikan beberapa tips untuk mendapatkan tubuh langsing melalui diet yang sehat dan cepat.

1.       Konsumsi Teh Hijau
Teh hijau sudah terkenal sejak lama. Di Jepang meminum teh bahkan menjadi bagian dari kebudayaan. Orang Jepang percaya bahwa teh hijau dapat menurunkan resiko stroke, memperlancar peredaran darah, menambah energi dan yang terpenting menjaga bobot tubuh. Kandungan zat di dalam teh hijau dapat mengikat lemak dan kolesterol di dalam organ pencernaan untuk dikeluarkan lebih cepat dari dalam tubuh. Oleh sebab itu, orang yang senang meminum teh hijau, umumnya memiliki tubuh yang tidak terlalu besar dan ramping.

2.       Konsumsi Salad Sayuran
Salad sayuran dapat menjadi penawar racun di dalam tubuh. Kandungan serat di dalam sayuran dapat melancarkan pencernaan yang ujungnya adalah mengurangi penumpukan lemak di dalam tubuh.

3.       Biasakan makan nasi sedikit-sedikit tapi sering
Orang Jepang memiliki kebiasaan makan 4-5 kali sehari dengan porsi satu mangkok kecil. Hal ini dimaksudkan agar karbohidrat yang dimakan dapat dicerna secara berangsur-angsur. Nah, bila Anda sedang menjalankan diet, barangkali cara ini dapat dilakukan guna menghindari kelaparan.

4.       Perbanyak makan ikan, kurangi makan daging
Ikan mengandung protein sedangkan daging kaya akan lemak. Keduanya berbeda dalam hal penyerapan di dalam tubuh. Protein adalah zat yang pertama kali dicerna dan disarikan. Sementara lemak adalah zat yang paling terakhir habis di dalam lambung. Oleh karena itu, orang yang hobinya memakan daging akan terlihat lebih cepat gemuk karena stok lemak begitu banyak menumpuk di dalam organ-organ pencernaannya.

Lebih dari itu semua, diet yang sehat dan cepat sangat bergantung kepada individu masing-masing. Sebagaimana hidup adalah rangkaian keseimbangan, maka demikian pula dengan diet. Cara diet sehat dan cepat pun perlu perlakuan yang seimbang.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tiada ulasan