Jumaat, 5 Februari 2016

Ingin Menghilangkan Nyeri Saat Haid Secara Alami, Berikut Tips Triknya

Nyeri pada saat haid memang tidak bisa dihindari. Untuk menghilangkan nya ada beberapa obat-obatan. Kali ini kami akan memberikan penjelasan tebntang Menghilangkan nyeri saat haid secara alami. Pemakaian obat-obatan dari bahan alami tentunya tidak akan memberikan efek samping buruk kedepannya.

Menghilangkan Nyeri Saat Haid Secara Alami
Link Sumber Gambar : news.health.com
Sebelum kita membahas mengenai tips dan trik menghilangkan nyeri saat haid tidak ada salahnya jika kita mengetahui dulu apa penyebab dari nyeri itu sendiri. Berikut ada beberapa pen yebab nyeri saat haid :

1.          Kontraksi
Sepanjang waktu, terjadi kontraksi halus pada otot dinding rahim yang umumnya tidak terasa. Namun di masa menstruasi, kontraksi ini akan menjadi lebih kencang sebagai bagian dari peluruhan dinding rahim saat haid. Kontraksi tersebut memberi tekanan pada pembuluh darah yang mengelilingi rahim, akibatnya terjadi pemutusan suplai darah dan oksigen ke rahim. Ketiadaan oksigen ini yang menyebabkan jaringan pada rahim melepaskan bahan kimia yang berakibat rasa nyeri.

2.     Endometriosis
Endometriosis menjadi salah satu penyebab utama timbulnya rasa sakit di perut ketika menstruasi. Kondisi ini biasanya terjadi ketika endometrium (jaringan di sepanjang garis uterus atau rahim) tumbuh keluar uterus.

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik menghilangkan nyeri saat haid :

1)     Kompres Hangat
Apabila nyeri tak tertahankan, Anda bisa melakukan kompres hangat pada bagian perut bawah yang kram dan nyeri. Kompres dilakukan dengan cara menempelkan botol atau kantong karet yang berisi air hangat di dalamnya. Kompres ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah dan membuat otot-otot di sekitar perut lebih rileks sehingga rasa nyeri bisa berkurang.

2)    Olah Raga
Lakukan olahraga ringan sebelum dan sesudah haid hal tersebut dapat mempelancar aliran darah disekitar rahim sehingga rasa nyeri akan berkurang.

3)    Menggosok Perut dengan Minyak Hangat
Anda bisa menggosok perut dengan minyak kayu putih agar otot menjadi rileks dan membantu mengurangi nyeri haid.

Selain dengan cara-cara diatas nyeri haid dapat dihilangkan dengan beberapa ramuan tradisinal yaitu:
·             Jahe
Iris 5 cm jahe tipis-tipis kemudian remukkan. Rebus di dalam panci yang diisi 3 gelas air, sisakan hingga 1 gelas saja. Tambahkan sedikit gula, minum tiga kali sehari (1 gelas untuk sehari, dibagi 3)

·             Pisang
Pisang mampu mengurangi nyeri saat haid, perbanyak konsumsi pisang menjelang hari-hari akan datang bulan. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada saat haid.

·             Gula Aren dan Buah Kelapa Hijau
Cara membuatnya yaitu campurkan gula aren dan buah kelapa hijau menjadi satu lalu aduk hingga merata. Dikonsumsi sehari dua kali sebanyak satu gelas. Diminum setiap pagi hari maupun sore hari. Lakukanlah selama tiga hari secara terus menerus.

Itulah beberapa penjelasan mengenai tips dan trik menghilangkan nyeri saat haid. Semoga bermanfaat. 
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tiada ulasan