Isnin, 15 Februari 2016

Mengecilkan Perut Sebagai Fungsi Lain Olahraga

Olahraga untuk mengecilkan perut banyak jenisnya. Di samping dapat menyehatkan tubuh, olahraga juga memiliki fungsi lain, khususnya dalam mengurangi bobot tubuh. Tentu saja, dalam konteks mengecilkan perut, olahraga adalah cara yang lebih murah dan mudah dilakukan.
Memiliki perut buncit terkadang memang tidak menyenangkan. Pasalnya, ada kegiatan yang tidak bisa dilakukan dengan lebih leluasa bila perut terlalu buncit. Mulai dari memasang tali sepatu hingga mengikuti olahraga berat akan sulit dilakukan bila perut terlalu besar. Oleh karena itu, tidak salah kiranya bila menjadikan olahraga sebagai salah satu langkah mengecilkan perut.


Mengecilkan Perut Sebagai Fungsi Lain Olahraga

Fungsi Olahraga
Secara umum, fungsi olahraga dalam mengecilkan perut dapat dilihat dari beberapa hal berikut.

1.     Olahraga dapat Membakar Lemak
Kegunaan ini lah yang ‘paling disasar’ dalam kegiatan olahraga apa saja. Dengan denyut jantung meningkat, maka penumpukan lemak pada bagian tubuh tertentu akan dapat dikurangi melalui pembakaran yang terjadi selama olahraga.
Contoh: Pernahkah anda merasakan dada terbakar atau bagian bahu terasa terbakar setelah melakukan push up 30-50 kali? Nah itu, pembakaran lemak sedang terjadi pada bagian tubuh tersebut.

2.      Olahraga dapat Memperlancar Aliran Darah
Tubuh yang terlalu gemuk boleh jadi bukan saja dikarenakan banyak mengkonsumsi makanan berlemak. Tubuh yang terlalu gemuk bisa saja merupakan efek dari banyaknya penyumbatan di dalam pembuluh darah. Misalnya, orang yang memiliki perut terlalu besar, sebenarnya cenderung memiliki penyumbatan pembuluh darah lebih banyak pada area pinggang, punggung dan bagian dada. Dengan olahraga, darah tersebut akan lebih cepat mengalir kembali ke jantung dan hati untuk dibersihkan.

3.      Olahraga dapat Memasok Oksigen Lebih Cepat
Bila anda terengah-engah pada saat melakukan jogging, maka sebetulnya yang terjadi adalah respon paru-paru untuk segera mengganti dan menyuplai oksigen ke dalam tubuh. Suplai oksigen ini lah yang dapat membantu pembakaran lemak dan membersihkan darah.

Beberapa Jenis Olahraga Pengecil Perut
Tidak semua jenis olahraga dapat mengecilkan perut. Olahraga yang dapat mengecilkan perut umumnya yang lebih dominan menjadikan perut sebagai fokus gerakan. Berikut ini merupakan beberapa jenis olahraga yang dapat mengecilkan perut.

1.       Sikap lilin
Sikap lilin adalah olahraga paling mudah. Anda tinggal berbaring di lantai, lalu mengangkat kaki lurus ke atas. Sesaat setelah kedua kaki telah lurus ke atas, pastikan perut juga terangkat. Tahan posisi ini beberapa waktu. Ulangi dalam 20 menit sehari.

2.       Gowes
Bersepeda adalah cara mengecilkan perut yang mengasikkan. Di samping dapat menghirup udara sejuk dan menikmati pemandangan yang indah, bersepeda juga dapat membakar lemak pada bagian perut.

3.       Jogging
Terlihat simple dan biasa saja. Tapi efeknya luar biasa untuk membentuk tubuh. Terlebih bagi pemilik perut buncit, jogging selama 30 menit sehari akan sangat membantu membakar lemak di dalam tubuh, utamanya pada bagian perut.

4.       Sit Up
Sit Up dapat dilakukan di mana saja. Sit Up adalah olahraga murah, tidak perlu biaya, peralatan ataupun asupan suplemen. Anda cukup berbaring dengan meletakkan tangan di belakang kepala. Setelahnya, angkat berulang-ulang kepala ke arah badan. Lakukan cara ini selama 20 menit perhari.

5.       Senam Perut
Senam perut yang dilakukan secara rutin dapat mengurangi kebuncitan. Berbagai tutorial gerakan senam perut dapat dilihat di internet. Selain itu, gerakan tari perut juga dapat membantu mengencangkan bagian perut.

Bagaimana? Masih ingin menderita karena perut terlalu buncit? Atasi saja dengan berbagai solusi di atas. Satu hal yang pasti adalah olahraga untuk mengecilkan perut tidak selalu harus mahal, yang terpenting hanyalah kemauan.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tiada ulasan