Ahad, 14 Februari 2016

Nama Yang Bagus Untuk Masa Depan Yang Bagus

Bagi yang percaya bahwa nama adalah doa, maka nama yang bagus sudah pasti akan sangat diperhatikan, khususnya bagi para orang tua kepada anaknya. Di samping itu, memberikan nama yang bagus untuk anak juga merupakan kewajiban bagi orang tua. Sebegitu pentingnya arti sebuah nama sampai-sampai rasul menganjurkan para orang tua untuk memberikan nama yang baik pada anaknya.


Nama Yang Bagus Untuk Masa Depan Yang Bagus

Pentingnya Nama Yang Bagus
Barangkali Anda sering mendengar pameo yang berbunyi “apalah arti sebuah nama”. Sekarang coba perhatikan realita berikut. Tidak sedikit orang yang hidupnya tiba-tiba menjadi sukses setelah mengganti namanya. Tidak sedikit kasus yang melibatkan seorang anak yang ketika kecilnya sakit-sakitan, lalu setelah diganti namanya dapat sembuh sebagaimana sediakala. Hal ini dialami oleh salah seorang mantan Ketua KPK, Bibit Samad Rianto. Dulu waktu kecil, sebelum namanya ditambah kata ‘bibit’, beliau sering sakit-sakitan. Lalu setelah nama itu dilengkapi, sampai sekarang hidupnya menjadi sangat berarti, bahkan bagi nusa dan bangsa. Lebih jauh, nama sangat penting artinya dalam kehidupan, baik kehidupan di dunia maupun di akhirat. Bahkan di akhirat kelak, Tuhan akan memanggil setiap manusia dengan panggilan namanya di dunia.
Sedikit bergeser ke pola yang lain, nama yang bagus ternyata juga berpengaruh kepada kesuksesan sebuah organisasi/perusahaan. Anda boleh percaya atau tidak, tanpa disadari banyak perusahaan besar menyelipkan kata ‘jaya’, ‘perkasa’, ‘sejahtera’, abadi’ dan sebagainya di dalam akte pendiriannya. Hal ini tidak asal-asalan. Nama perusahaan tersebut sengaja dirancang untuk mencapai keuntungan optimal.

Beberapa Tips Memberikan Nama Anak Yang Bagus
Para orang tua yang mengerti arti sebuah nama, pasti tidak akan asal-asalan memberikan nama pada anaknya. Sekadar panduan untuk para orang tua dalam memberikan nama anak yang bagus, beberapa hal berikut harus diperhatikan.

1.      Nama sebaiknya mengarah kepada arti kebaikan, sifat dan watak yang elok, berorientasi karakter yang baik dan tidak menonjolkan kepentingan duniawi saja. Contoh, meski nama Permata Intan itu terkesan enak didengar, namun nama ini juga terkesan hanya mewakili corak keduniawian saja. Jangan salahkan bila setelah besar nanti, anak pemilik nama tersebut cenderung mata duitan, rakus, atau pelit. Namanya lah yang menuntunnya melakukan itu.

2.      Bila ingin memberi nama anak sesuai nama tokoh, cari lah tokoh yang inspiratif Jangan sesekali memberi nama anak anda dengan kata ‘Hitler, Musolini, Nazi dan sejenisnya’. Hal ini jelas tidak baik untuk nama seorang anak sebab nama-nama tersebut terkenal beringas di dunia.

3.      Jangan berikan nama yang bermaksud penghambaan pada benda apapun. Misalnya, anda ingin memberi nama anak dengan sebutan ‘abdi matahari, ‘ratu bulan,’ ‘bujang pelangi’ dan sebagainya. Hal tersebut identik dengan penghambaan pada unsur-unsur alam. Penghambaan hanya boleh dilakukan pada Tuhan semata. Contoh lain yang juga sebaiknya dihindari adalah memberikan nama anak Abdul Nar (hamba api) Abdul Hajar (hamba hantu) dan Abdul Ghibah ( hamba gunjing) dan sebagainya.

4.      Sedapat mungkin jangan berikan nama-nama yang menunjukkan kepongahan dan kemegahan berlebihan Pernahkah anda membaca sejarah kerajaan-kerajaan di dunia ataupun di Indonesia? Di hampir semua catatan sejarah kerajaan manapun, gelar raja-raja dan anak para raja dibuat sedemikian jumawanya. Hal ini sebaiknya tidak dilakukan dalam memberikan nama pada anak. Di dalam Islam khususnya, hal ini sangat dilarang karena mencirikan kesombongan. Contoh, Haakimul Hukkam (hakim segala hakim), Raja Diraja (Raja di atas segala raja) dan lainnya. Penting juga dicatat bahwa di dalam Islam sangat dilarang memberikan nama anak dengan awalan huruf ‘alif dan lam’. Misalnya, al alim, ar rahim, al quddus. Kesemua itu adalah nama untuk Allah Azza Wajalla saja. Selain itu, Islam tidak menganjurkan untuk memberi nama anak seperti nama orang-orang fasik dan Yahudi.

Nama yang bagus adalah doa yang baik. Memberikan nama yang bagus adalah bagian dari kebaikan itu sendiri. Oleh sebab itu, nama yang bagus akan menentukan cara hidup, pencapaian, tantangan serta segala hal yang akan dilakukan si pemilik nama di kemudian hari.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tiada ulasan