Khamis, 4 Februari 2016

Tentukan Pilihan Anda Setelah Menjadi Sarjana Mulai Sekarang

Waktu yang paling dinanti saat anda menjalankan pendidikan setingkat perguruan tinggi strata satu yaitu ketika anda bisa memakai toga bersama rekan juga keluarga. Momen yang memang dinanti selama paling tidak 8 semester atau setara dengan 4 tahun masa pendidikan sarjana ini juga menjadi gerbang baru buat kita. Kalo bisa dilogikakan semua teman kita saat wisuda itu besok adalah seorang pengangguran. Justru dimasa inilah saat anda benar benar harus menentukan pilihan anda, tak sedikit juga yang harus berlama lama menjadi pengangguran dengan berbagai macam alasan, mulai dari yang memang pengen santai, ada yang belum dapat kerjaan, ada pula yang mempersiapkan diri karena masih ingin melanjutkan kuliah lagi.

Tentukan Pilihan Anda Setelah Menjadi Sarjana Mulai Sekarang
Link Sumber Gambar : samluce.com
Berawal dari beberapa hal tadi saya bermaksud memberi gambaran pilihan anda untuk menentukan arah dimana yang menurut anda itu cocok buat anda :

1.          Melanjutkan Kuliah Jenjang Pasca Sarjana
Sejalan dengan program pemerintah target minimal belajar lebih ditingkatkan sekarang bukan hal yang luar biasa untuk alumni pendidikan setara S2 di kalangan umum. Bahkan ini terus mendapat support dari berbagai banyak pihak termasuk rekan, keluarga sampai pemerintah, karena pertimbangan mungkin kelayakan pekerjaan yang nantinya bakal anda tempati, bisa juga karena mssih semangat untuk belajar lagi, ada pula yang karena bingung mau ngapain kalo tidak kuliah lagi.

2.          Menikah
Pernah terbayang usai lulus anda akan menikah? Saran saya sebaiknya jangan, karena untuk laki laki jika di ambil rata rata sarjana masih berumur 22 tahun, untuk masuk kategori keluarga ideal masih belum memenuhi syarat yang ditentukan pemerintah. Namun jika ini memang pilihan anda mungkin karena dulu sudah berjanji atau sudah terbayangkan usai tuntas sarjana anda mau menikah, itu bukan hal yang dilarang, siapa tau calon anda sudah menunggu untuk anda. Saya yakin karena pasti anda banyak pertimbangan, tinggal anda siapkan mental anda untuk ini.

3.          Bekerja sebagai karyawan
Berkarir sebagai karyawan ini telah menjadi mayoritas pilihan para sarjana, dengan beberapa alasan yang salah satunya memang pengen mandiri, kini para saraja tiap tahunya ramaikan dunia pekerjaan, tipsnya untuk bekerja karena anda sebagai fresh graduate anda bisa online untuk mencari info lowongan, sering berkunjung untuk membaca lowongan di tempat lowongan kerja, sering kumpul bareng senior yang sudah bekerja atau anda punya versi cara sendiri untuk mencari lowongan.

4.          Memulai Berwirausaha
Anda juga bisa melakukan kegiatan yang menghasilkan, jika memang iya coba kita mulai dari hal yang kecil, sederhana yang tidak banyak orang fikirkan, misalnya kalau memang tidak punya modal besar kita bisa menjadi reseller suatu produk tertentu, jika anda hoby dengan internet coba menjadikan internet sebagai lahan marketing anda, bisa melalui social media, forum atau personal website. Banyak yang bisa anda jual mulai dari barang maupun jasa. Jelaskan produk yang anda jual kepada calon customer agar mereka percaya anda dan membeli produk anda. Berangkat dari sini anda sudah menjadi wirausaha dan kalau anda tekun ini bisa menjadi penghasilan utama anda.

5.          Mengabdi / Relawan
Jika anda merasa jika apa yang anda dapatkan dimasa anda duduk di bangku sarjana bermanfaat, sambil mengisi waktu luag anda bisa mengabdikan diri memberikan pengetahuan anda ke orang lain, misalnya anda mau menjadi honorer di suatu sekolah atau memang mengabdikan diri di sebuah lembaga bimbingan belajar. Jika jurusan anda bukan pendidikan itu bukan menjadi kendala, anda bisa komunikasikan apa yang menjadi tujuan anda kepada pihak lembaga atau sekolah, juga tidak hanya untuk bidang pendidikan misalnya anda menjadi aktifis kegiatan di tempat tinggal anda.

Kesimpulan
Selepas sarjana pilihan terletak pada diri anda, baik yang saya sebutkan diatas maupun mungkin yang belum saya sebutkan, yang jelas lebih baik anda isi waktu luang anda dengan aktifitas yang lebih bermanfaat, belum mendapatkan yang kita cita citakan bukanlah alasan untuk kita menyerah mendapatkanya, ingat “tidak ada hasil yang mengingkari usahanya” semakin anda berusaha semakin banyak kesempatan anda untuk berhasil. Semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tiada ulasan