Selasa, 22 Mac 2016

Cara Menjawab Pertanyaan Interview Untuk Fresh Graduate

Bagaimana cara menjawab pertanyaan interview untuk fresh graduate? Setelah Anda lulus tes pada saat melamar kerja biasanya akan ada tahap selanjutnya yaitu interview. Hasil dari wawancara atau interview ini sangat berpengaruh untuk diri Anda dalam diterima atu tidak diterima pada perusahaan tersebut. Biasanya pertanyaan yang diajukan bersangkutan dengan catatan pelamar kerja yaitu dari pengalaman kerja dan daftar riwayat hidup.

Cara Menjawab Pertanyaan Interview Untuk Fresh Graduate

Bagi Anda yang merupakan fresh graduate atau belum mempunyai pengalaman kerja pasti sangat penasaran bukan apa saja pertanyaan interview yang akan diajukan kepada Anda. Berikut ini ada beberapa pertanyaan yang serifn diajukan oleh perusahaan.

Mengapa kami harus menerima Anda sebagai karyawan?

Inilah salah satu pertanyaan yang sering ada pada saat wawancara atau interview. Pada pertanyaan ini Anda dapat secara langsung mempromosikan diri Anda agar lebih bernilai pada orang yang wawancara Anda. Pada pertanyaan ini Anda harus menguraikannya secara singkat mengenai kelebihan yang Anda miliki dan apa saja yang dapat Anda berikan untuk perusahaan kedepannya. Jangan pernah memberikan jawaban jika Anda ingin bekerja untuk mendapatkan pengalaman, mempunyai motivasi untuk maju, serta merupakan orang yang pekerja keras. Sebaiknya Anda memberikan jawaban yang tergolong unik yang dapat membuat Anda memiliki nilai lebih oleh yang wawancara Anda.

Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan ini?

Ada baiknya Anda mempersiapkan diri terlebih dahulu seperti mengetahui informasi tentang latar belakang dari perusahaan tersebut sebelum melakukan interview. Karena pada pertanyaan ini Anda akan lebih dinilai oleh yang wawancara apakah Anda sudah mempersiapkan diri dengan baik dan matang atau tidak. Selain itu pada pertanyaan ini juga akan memberi peluang untuk Anda dalam menampilkan inisiatif Anda serta menunjukkan jika pengalaman dan kualifikasi Anda sesuai dengan yang dibutuhkan oleh yang wawancara.

Apa yang menjadi kelemahan utama Anda?

cara menjawab pertanyaan interview untuk tahap ini tergolong sulit karena sedikit sekali orang yang mengetahui apa yang menjadi kelemahan mereka. Sebaiknya Anda berkata jujur tentang apa yang menjadi kelemahan Anda dan pastikan Anda memberikan alasan bagaimana Anda mengatasi kelemahan Anda sehingga dapat menjadikannya sebuah kelebihan.

Bagaimana Anda akan mengatasi masalah?

Pertanyaan ini tergolong sulit untuk dijawab terutama bagi Anda yang merupakan fresh graduate. Sebenarnya pihak yang mewawancara Anda hanya ingin mengetahui apakah Anda dapat berpikir secara kritis serta mampu memberikan solusi untuk setiap permasalahan yang terjadi pada pertanyaan ini. Jawaban yang paling tepat adalah dengan mendeskripsikan tahapan-tahapan yang Anda lakukan untuk mengutamakan pekerjaan. Dengan demikian Anda akan terlihat orang yang bertanggung jawab serta mampu berpikir secara positif meskipun terdapat masalah yang harus Anda hadapi.

Apa prestasi yang Anda banggakan?

Pada pertanyaan ini Anda harus menjawabnya sesuai dengan posisi yang Anda pilih pada perusahaan tersebut. Jangan sampai Anda memberikan jawaban yang tidak ada sangkutpautnya dengan posisi yang dibutuhkan karena jawaban tersebut bukanlah jawaban yang diharapkan.

Berapa gaji yang Anda inginkan?

Pertanyaan ini juga tergolong sangat sulit bagi Anda yang belum mempunyai pengalaman kerja. Untuk mendapatkan jawaban yang tepat sebaiknya Anda mencari terlebih dahulu informasi mengenai pasaran gaji pada posisi yang diberikan. Jika Anda merasa masih bingung Anda dapat memberitahu kepada yang wawancara jika Anda adalah orang yang terbuka dalam membicarakan kompensasi atau gaji. Jika Anda sudah tidak ada jawaban lain maka cara menjawab pertanyaan interview pada pertanyaan ini adalah sesuai dengan umr atau umk diwilayah Anda.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tiada ulasan