Sabtu, 19 Mac 2016

Tips Membangun Pondasi Rumah Tangga Agar Selalu Bahagia

Tips rumah tangga bahagia – Rumah tangga bahagia pasti diinginkan oleh tiap pasangan yang baru menikah atau pun yang sudah lama menikah. Keinginan untuk hidup bahagia merupakan sebuah pilihan fitrah. Sebuah keingin yang merupakan dorongan yang terlahir secara alamiah.

Tips Membangun Pondasi Rumah Tangga Agar Selalu Bahagia

Rumah tangga bahagia adalah salah satu tujuan dalam sebuah pernikahan. Dalam mendapatkan kebahagiaan rumah tangga, diperlukan usaha-usaha dari keduanya. Banyak hal yang harus dilakukan. Berikut akan kami membahas mengenai rahasia tips rumah tangga bahagia. Apa saja tips rumah tangga bahagia? Langsung saja kita simak beberapa tips rumah tangga bahagia, sebagai berikut :

1.     Kepercayaan

Dalam menjalin suatu hubungan terutama dalam membangun rumah tangga, kepercayaan merupakan kunci utama tips rumah tangga bahagia dalam memperkuat pondasi rumah tangga. Anda tidak harus percaya setinggi-tingginya terhadap pasangan, namun juga harus tetap waspada. Waspada dengan segala kemungkinan seperti godaan-godaan yang mungkin datang. Pastikan terlebih dahulu dan jangan terlalu percaya dengan firasat bahkan hingga berprasangka buruk atau menuduh pada pasangan. Karena hal tersebut justru akan menghancurkan pondasi rumah tangga yang sudah Anda bangun.

2.     Komunikasi - Tips rumah tangga bahagia

Komunikasikan segala yang terjadi dalam rumah tangga. Sempatkanlah waktu untuk berdiskusi kegiatan sehari-hari, tanyakan mengenai bagaimana pekerjaan pasangan dan semacamnya. Terutama saat terjadi masalah, jika terjadi masalah jangan menghindarinya tapi segeralah menyelesaikannya dengan komunikasi. Jagalah jalur komunikasi untuk tetap terbuka. Berikan peraturan untuk menyelesaikan masalah pada waktu itu juga dan jangan ditunda-tunda.

3.     Selalu Jujur

Jangan pernah berbohong kepada pasangan, awali sebuah hubungan dengan kejujuran. Kejujuran akan menumbuhkan rasa percaya dan nyaman. Kejujuran merupakan hal utama dalam tips rumah tangga bahagia.

4.     Kemampuan untuk Kompromi

Belajar untuk berkompromi terhadap pasangan masing-masing. Belajarlah untuk menyelesaikan masalah tanpa menggunakan emosi, jangan terlalu keras kepala, mulailah belajar untuk mengalah jika pasangan sedang dalam keadaan marah, belajar mengatakan maaf jika bersalah, jangan menutup diri dari kritik dan saran dari pasangan. Kemampuan untuk kompromi tersebut menjadi salah satu tips tips rumah tangga bahagia.


5.     Jangan Abaikan Keintiman

Menjaga hasrat seksual dan keintiman dalam pernikahan, khususnya untuk pernikahan yang telah terjalin bertahun-tahun. Jadilah pasangan yang romantis dan inofatif. Memberikan kejutan-kejutan kecil juga merupakan tips rumah tangga bahagia.

6.     Tangani Masalah dengan Cepat

Jangan menunda masalah yang muncul dalam pernikahan, segera selesaikan masalah secara tuntas. Walaupun permasalahan tersebut hanya pertengkaran kecil namun tetap harus diselesaikan pada waktu itu juga.


7.     Pelajari Cara Beradu Argumen

Belajar untuk mengalah dalam beradu argumen apalagi saat pasangan sedang dalam keadaan emosi. Biarkanlah diri Anda tetap dalam keadaan tenang dan sabar. Jangan sampai beradu argumen dapat berubah menjadi kekerasan dalam rumah tangga.

8.     Belajarlah untuk Memberikan Ruang

Berikanlah ruang pada pasangan, jangan berharap bawa pasangan akan selalu ada untuk Anda sepanjang waktu. Setiap orang membutuhkan waktu untuk sendiri atau ruang untuk melakukan hobinya maupun kegiatan yang tidak harus bersama Anda.

9.     Menerima Kekurangan dan Kelebihan Pasangan

Menerima kekurangan dan kelebihan pasangan merupakan paket yang harus diterima saat Anda memutuskan untuk menjalin hubungan bersama pasangan. Paket tersebut merupakan tips rumah tangga bahagia.

10.  Jadilah Pemberi Semangat

Posisikan diri Anda sebagai seorang sahabat. Ketika pasangan mengalami permasalahan atau hari yang buruk, sebagai pasangan dalam rumah tangga Anda diharuskan memberikan dukungan. Dukungan dapat Anda berikan dengan kata-kata yang dapat menenangkan, memotivasi, menyemangati atau dorongan yang positif. Sebaliknya, jika Anda tidak memberikan dukungan maka pasangan akan jauh lebih down dan merasa terpuruk. Memberikan semangat termasuk salah satu cara atau tips rumah tangga bahagia.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tiada ulasan